Pages

Minggu, 13 Maret 2011

Sejarah, Perkembangan, Jebakan & Pengaruh Facebook


Facebook bukan lagi menjadi hal asing bagi remaja, bahkan anak- anak SD pun sudah memiliki akun facebook atau yang biasa disebut FB ini. Penggunaan facebook akan membawa manfaat jika digunakan sebgaimana mestinya dan tidak berlebihan. Namun sadarkah bahwa facebook menimbulkan banyak madhorot bagi penggunanya?

Sejarah Facebook
Sedikit kita akan membahas tentang sejarah singkat lahirnya facebook. Gak lucu donk kalau tiap hari menggunakan facebook tapi gak tau sejarahnya.....
Facebook adalah jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg pada tanggal 4 Februari 2004 dengan tujuan awal digunakan untuk komunikasi mahasiswa universitas Harvard. Namun lama kelamaan target penggunaan menjadi seluruh mahasiswa dan masyarakat umum di seluruh dunia. Awalnya facebook dengan situs www.facebook.com ini bernama thefacebook dengan situs www.thefacebook.com

Perkembangan facebook di Indonesia
               Indonesia menjadi the fastest growing country on facebook in Southeast Asia. Bagaimana tidak.....? Perkembangan penggunaan facebook di Indonesia pada tahun 2008 saja mencapai 645%. 700 ribu dari 150 juta orang pemakai situs yang mulai dibuka untuk umum pada tahun 2006 ini adalah orang Indonesia. Facebook menjadi situs ranking kelima yang paling banyak diakses di Indonesia.

Jebakan Facebook
1.Status palsu, gak penting, dan curhat.
Status memang berisi apa yang kita pikirkan atau kita lakukan, bisa juga dibilang uneg-uneg kita. Tapi apa sudah pasti bahwa status yang ditulis seseorang sesuai dengan keadaan sesungguhnya?
Kadang kita juga mendapati status yang gak penting seperti “Hujan nih”, “Ngantuk banget” atau lebih parahnya hanya menulis satu kata seperti “Aduh”, atau bahkan hanya satu huruf yang semakin tidak jelas maksudnya.
Facebook juga menjadi ajang curhat. Umumnya yang namanya curhat itu kan dengan orang yang sangat dipercaya yang diharapkan bisa memberi solusi terbaik. Lah ini....? Curhatan bisa dibaca semua orang. Waduh duh...
2. Album foto menampilkan foto spesial, tag orang yang tidak sopan, terbongkarnya kehidupan  seseorang di masa lalu.
Ini nih yang bahayanya terlihat sangat nyata. Telah marak juga penyalahgunaan foto di dunia cyber. Beberapa foto yang tidak kita inginkan juga dapat muncul karena tag teman. Foto yang menggambarkan masa lalu yang buruk juga dapat diketahui oleh orang lain.
3. Komentar tak terukur dan melanggar etika.
Komentar yang berlebihan tidak dapat dihindari. bahkan terkadang komentar- komentar tersebut kurang sopan dan melanggar etika.
4. Trend baru, koleksi foto lawan jenis.
Dengan adanya facebook, bukan hal yang sulit untuk mendapat foto orang yang kita inginkan. Hal ini dapat menjadi trend yang dinilai kurang sesuai dengan norma, terutama syariat Islam.

Pengaruh facebook
Beberapa pengaruh buruk facebook, utamanya di kalangan remaja diantaranya:
1.Kurangnya waktu belajar dan waktu berinteraksi dengan orang lain secara langsung.
2.Pola hidup menjadi tidak teratur karena lupa waktu
3.Buang-buang uang
4.Beredar kata-kata yang tidak semestinya disampaikan
5.Timbul kesalahpahaman
6.Timbul hubungan yang menjurus pada kemaksiatan
dll.

Solusinya....
Terus gimana donk mengatasinya? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan
1.Menjadikan Islam sebagai dasar dalam melakukan perbuatan
2.Menyesuaikan dunia maya dengan dunia nyata, semua ada konsekwensi dan etikanya
3.Menjaga dasar- dasar pergaulan lawan jenis dalam Islam (ghudul bashar, tidak ikhtilat, tidak khalwat, dan menjaga lisan
4.Hati-hati dengan data pribadi
5.pandai-pandai memilih teman
6.Tidak menggunakan facebook secara berlebihan untuk menghindari kecanduan
7.Bersikap baik, hindari konflik dan perdebatan

0 komentar:

Posting Komentar