Pages

Rabu, 06 Juli 2011

Peristiwa Sebelum Penyerangan Abrahah

Sebagai siswa yang bergama Islam, pastinya pernah mendapat pelajaran atau membaca kisah tentang peristiwa penyerangan pasukan gajah raja Abrahah ke Ka'bah. Namun ternyata ada kisah menakjubkan yang seringkali terlewatkan dalam buku- buku pelajaran mengenai sejarah. peristiwa tersebut adalah kisah Abdul Muthalib, kakek Nabi Muhammad.

Keinginan Raja Abrahah menurunkan popularitas Ka'bah sebagai pusat kegiatan mengalami kegagalan meskipun ia telah membangun sebuah gereja besar di daeranh San'a yang dinamai Al-Qalis yang dicanangkan akan menjadi pusat kegiatan yang menggantikan Ka'bah. Karenanya ia memutuskan untuk menyerang Ka'bah. Bukan untuk menguasai Makkah, namun untuk dapat menghancurkan Ka'bah dan menurunkan pamornya. Sebelum berangkat, ia memerintahkan utusannya untuk mendahului dan merampas harta orang- orang Quraisy. Orang- orang Quraisybanyak kehilangan harta dan hewan ternak, bahkan Abdul Muthalib juga kehilangan 200 ekor unta miliknya.

Abdul Muthalib yang merasa kesal dengan tindakan utusan Abrahah menemui Abrahah dan meminta kembali 200 ekor unta miliknya. Abrahah pun heran dan menghina Abdul Muthalib karena beliau yang tahu bahwa Abrahah akan menyerang Ka'bah bukannya meminta untuk membatalkan penyerangan namun justru meminta unta- untanya. 
Sungguh menakjubkan apa kata Abdul Muthalib: "Unta- unta itu milikku, Ka'bah itu milik Allah"

Dan benar saja, Allah melindungi yang menjadi milik-Nya dengan mengirim burung ababil untuk menghancurkan pasukan gajah Raja Abrahah.

0 komentar:

Posting Komentar